Senin, 15 Oktober 2018

Daily report sub indo part 01


Daily Activity

Tourism Polytechnic of Makassar

Culinary Arts Management “5th semester”

Monday, 15 October 2018


Assalamualaikum wr. Wb       

Hai guys, kali ini saya akan menceritakan aktifitas praktek di kitchen bersama teman-teman saya.  Setelah kami selesai melakukan Mid semester,  kami kembali melakukan aktifitas seperti biasa yaitu praktek dan teori. Minggu pertama kami melakukan teori di kelas, aktifitas yang kami lakukan adalah membuat makanan yang di fermentasi seperti Tape beras ketan dan Tape singkong. Tape ini merupakan makanan tradisional indonesia yang di fermentasi dengan menggunakan ragi dan beras ketan atau singkong, kemudian didiamkan selama 3-4 hari.


Asal-usul tape tidaklah diketahui secara tepat. Ada pendapat mengatakan bahwa tape ketan berasal dari makanan kaum jawa. Namun sejarah tape ketan di kuniangan awalnya hanya ramai di produksi menjelang lebaran. Sebelum kami doing untuk membuat tape, saya dan teman-teman mendengarkan pak wawan menjelaskan tentang tape dan cara carving buah dan sayuran. Setelah pak wawan menjelaskan,  kami langsung membuat tape ketan hitam.  Hal utama yang kami lakukan  adalah menyiapkan bahan-bahan yaitu, beras ketan hitam dan ragi. Pertama-tama saya mencuci beras ketan  hitam dengan bersih, setelah itu saya diamkan beberapa jam, 3-5 jam.


Setelah didiamkan, beras ketan dimasak seperti membuat nasi.  Masak beras ketan dengan baik, setelah dimasak dinginkan beras ketan sampai benar-benar dingin. Setelah dingin campurkan dengan ragi yang sudah di hancurkan sebelumnya, kemudian aduk sampai rata dan bentuk nasi ketan menjadi bulat, dan taruh di wadah yang tertutup rapat. Setelah itu diamkan selama 3 hari, akan tetapi untuk cara kelompok kami, 1 hari tape didiamkan, saya mencampurkan sympel syrup ,dan didiamkan kembali selama 1 hari. Oke guys, semoga dapat bermanfaat tentang cerita saya hari ini.

Terimakasih.
Wassalamualikum. Wr. wb

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates