Sabtu, 26 Mei 2018

some ingredients


Brokoli

History

Brokoli pertama kali tumbuh di Eropa selatan. sekarang, brokoli merupakan sayuran yang penting di benua Amerika. masuknya brokoli ke Indonesia diduga pada abad XIX, varietas ini muncul di Indonesia berasal dari India. seriring dengan perkembangan dunia pertanian brokoli kini menjadi tanaman yang dikenal dan banyak digemari oleh masyarakat luas.

Nutrion

Sayur Brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium (kalium) tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi atau nutrisi pada setiap 100 gram sayur brokoli.
Jenis Nutrisi / Gizi       Kandungan      AKG%
Kalori   34 kcal
Karbohidrat     6,6g    
Air       89%    
Protein 2,8g    
Gula     1,7g    
Serat    1,7g    
Lemak 0,4g    
Vitamin A        31µg    3%
Vitamin C        89,2mg            99%
Vitamin D        0µg     
Vitamin E        0,78mg            5%
Vitamin K        101,6µg           85%
Vitamin B1 (Thiamine)           0,07mg            6%
Vitamin B2 (Riboflavin)          0,12mg            9%
Vitamin B3 (Niacin)    0,64mg            4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)          0,57mg            11%
Vitamin B6 (Pyridoxine)          0,18mg            13%
Vitamin B9 (Folat)       63µg    16%
Vitamin B12    0µg     
Kalsium           47mg   5%
Zat Besi           0,73mg            9%
Magnesium     21mg   5%
Fosfor  66mg   9%
Potassium (Kalium)     316mg 7%
Sodium            33mg   2%
Seng (Zinc)      0,41mg            4%

Function

1.      menyembuhkan Alzheimer
2.      menangkal kanker payudara
3.      melindungi penglihatan dan mencegah serangan jantung
4.      meningkatkan daya ingat otak
5.      mencegah stroke
6.      menghalangi herpes
7.      menghambat pertumbuhan kanker kandung kemih
8.      makanan pereda nyeri datang bulan
9.      menghambat kanker rahim dan kanker pankreas
10.  klorofil baik untuk asma
11.  mencegah kanker paru
12.  mengatur tingkat gula darah
13.  mencegah kanker lambung
14.  pereda stress

Karakteristik

             Brokoli adalah tumbuhan yang termasuk dalam familia Brassicaceae, yaitu kubis-kubisan. brokoli diklasifikasikan ke dalam kelompok Kultivar italica dari spesies Brassica oleracea.
brokoli ditanam dengan menanam bijinya. brokoli memiliki banyak sekali kepala bunga berwarna hijau yang teratur seperti cabang pohon dengan batang tebal yang dapat dimakan. sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi oleh dedaunan.
             sayur-sayuran Brassica seperti brokoli dikelaskan sebagai sayuran bunga dan boleh ditanam ditanah rendah maupun tinggi sayuran ini mengandung kalsium, vitamin C dan vitamin A yang tinggi.tanaman ini dapat ditanam diberbagai jenis tanah yang kaya dengan bahan organik serta memiliki saluran yang baik denga pH tanah sekitar 6,0-7,0 dan kadar pengapuran berkisar 3-6 t/ha.

Kacang Buncis

History

Kacang buncis sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Tetapi, mungkin banyak yang belum tahu kalau buncis yang bernama latin Phaseolus vulgaris .L. ini bukan tanaman asli Indonesia.Kacang buncis berasal dari Amerika, sedangkan kacang buncis tipe tegak (kidney-bean) atau kacang jago adalah tanaman asli lembah Tahuaacan-Meksiko. Penyebarluasan tanaman buncis dari Amerika ke Eropa dilakukan sejak abad 16. Daerah pusat penyebaran dimulai di Inggris (1594), menyebar ke negara-negara Eropa, Afrika, sampai ke Indonesia.
Pembudidayaan tanaman buncis di Indonesia telah meluas. Tahun 1961-1967 luas areal penanaman buncis di Indonesia sekitar 3.200 hektar, tahun 1969-1970 seluas 20.000 hektar dan tahun 1991 mencapai 79.254 hektar dengan produksi 168.829 ton. Daerah yang sejak lama menjadi sentra pertanaman buncis antara lain Kotabatu (Bogor), Pengalengan dan Lembang (Bandung) dan Cipanas (Cianjur).

Nutrion

Buncis adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Buncis mengandung energi sebesar 35 kilokalori, protein 2,4 gram, karbohidrat 7,7 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 65 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Buncis juga terkandung vitamin A sebanyak 630 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 19 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buncis, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 90 %.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buncis :
Nama Bahan Makanan : Buncis
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Buncis yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Buncis yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Buncis = 35 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buncis = 2,4 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buncis = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buncis = 7,7 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buncis = 65 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buncis = 44 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buncis = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buncis = 630 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buncis = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buncis = 19 mg
Khasiat / Manfaat Buncis : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Hasil Penelitian Kandungan Gizi Buncis Yang Lain :

Nama Bahan Makanan : Buncis (Versi DKBM P3G '90)
Banyaknya Buncis yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Buncis yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Buncis = 34 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buncis = 2,4 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buncis = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buncis = 7,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buncis = 101 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buncis = 42 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buncis = 0,7 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buncis = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buncis = 0,05 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buncis = 11 mg

Function

Mengontrol Kadar Glukosa Dalam Tubuh
Buncis yang direbus dengan benar dapat memudahkan protein yang terkandung dalam buncis terserap sempurna di dalam tubuh. Buncis memiliki kandungan protein yang tidak jauh beda dengan kandungan protein yang terdapat dalam telur. Sehingga apabila seluruh protein yang terkandung dalam buncis dapat terserap oleh tubuh, dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memenuhi kadar protein yang diperlukan oleh tubuh, protein ini juga mampu mengontrol kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit gula atau diabetes.
artikel terkait: manfaat sambiloto untuk diabetes
Menjaga Kesehatan Jantung
Buncis merupakan sayuran jenis polong polongan yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat yang terkandung dalam buncis, terlebih pada buncis yang direbus dapat membantu kerja jantung agar tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah terkena serangan jantung. Dengan mengkonsumsi buncis rebus 4 kali dalam seminggu, kesehatan jantung dapat terjaga. Selain itu, buncis memiliki kandungan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan sangat berguna untuk mengatasi masalah gangguan jantung bagi penderitanya.
artikel terkait: manfaat fiforlif
Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Karena berasal dari jenis polong polongan, maka buncis memang mengandung kandungan serat yang tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa serat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.
artikel terkait: manfaat obat neuralgin
Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Menjaga nutrisi buncis dengan merebusnya dapat menjaga kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Dengan terjaganya kandungan mineral seperti mangan, kalium, zat besi dan megnesium dalam buncis, dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Menjaga nutrisi dalam buncis dengan menjaga kandungan mineralnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh lain agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.
artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangi
Mengatasi Masalah Batu Ginjal
Selain menjaga sistem pencernaan, kandungan serat yang terkandung dalam buncis rebus dapat membantu kerja ginjal dengan melarutkan batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal. Selain melarutka batu ginjal, mengkonsumsi buncis rebus dapat digunakan untuk pencegahan terjadinya pembentukan batu ginjal.
artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buncis rebus dengan kandungannya yang terjaga dengan baik mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B1, B6 dan vitamin C. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam buncis rebus tersebut membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan dengan vitamin yang cukup, tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta mampu menjaga dirinya agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.
artikel terkait: manfaat kecap
Meremajakan Kulit
Memiliki kulit yang terlihat muda dan sehat merupakan idaman bagi semua orang terlebih wanita. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buncis rebus, penuaan dini dapat dicegah. Hal ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari luar dan membantu peremajaan kulit sehingga kulit menjadi awet muda.
artikel terkait: manfaat kalium
Memiliki Kandungan Rendah Kalori
Buncis rebus memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk menjaga berat badan bahkan dapat menurunkan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, dapat membantu tubuh untuk meminimalisir terserang berbagai jenis penyakit.
artikel terkait: manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatan
Meskipun beberapa jenis sayur akan kehilangan nutrisinya ketika direbus, namun buncis akan lebih bagus apabila dikonsumsi setelah direbus. Dengan merebus buncis yang tidak terlalu matang, dapat membantu menjaga kandungan nutrisi dalam buncis dan akan berguna untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena gangguan kesehatabn.
Karakteristik
Merupakan sejenis polong-polonganyang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kayadengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanandarah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yangmengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapatmembantu penurunan berat badan.Uraian :Semak tegak atau membelit, parrjang 0,3-3 m. Daun penumpu tetap melekat lama. Anak daun bulattelur, dengan pangkal membulat, meruncing, kedua belah sisi berambut, 5-13 kali 4-9 cm.Tandan bunga duduk di ketiak, dengan 1-2 pasangan bunga. Tangkai tandan masif, setinggi-tingginya 6 cm, kerapkali Iebih pendek. Anak daun pelindung di bawah kelopak panjang 3-9 mm.Kelopak tinggi 5-8 mm, gigi yang teratas sangat pendek. Mahkota hampir selalu putih, menjadikuning, kadang-kadang ungu; bendera pada pangkalrrya dengan 2 telinga; lunas memutar kurangdari 2 kali; sayap berkuku panjang. Benang sari bendera Iepas, lainnya bersatu.
Tangkai putik dekatujung berjanggut. Polongan sangat berubah bentuk dan ukuran. Biji putih, kuning, merah, lila,coklat atau hitam. Keping biji dari tanaman kecambah muncul di atas tanah. Dari Amerika; banyak ditanam. Catatan: Biji dan buah dijumpai dalam banyak variasi dan diperdagangkan dengan namayang sangat berbeda sebagai sayuran, buncis coklat dan putih, buncis spercie dan snijbonen, buncispeluru dan kievitsbonen, dsb. Bagian yang DigunakanBuah dan Biji.Nama Lokal :NAMA SIMPLISIA Phaseoli Semen, Fabarum Semen; Buncis. Phaseoli Fructus, PhaseoliLegumina; Buah Buncis.Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukantiang untuk memanjat.
Ia juga merupakan sejenis sayur kekacang yang berbuah dan sangat kaya dengan kandungan protein.Ia dipercayai berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kacang buncis atau namasaintifiknya adalah Phaseolus vulgaris mengandungi pelbagai khasiat yang tidak terdapat padatumbuhan sekelurga dengannya.

Serai

History

Minyak atsiri sebagai bahan wewangian, penyedap masakan, dan obat-obatan, mempunyai sejarah. Tulisan-tulisan kuno masa lalu tidak lupa mencatat dupa, setanggi, serta minyak wangi. Benda-benda sejarah yang disimpan di museum masih mengandung bekas-bekas semerba wewangian. Sedangkan pusaka keluarga secara teratur dibasuh dengan air wangi. Ramuan jamu sebagian besar berupa ramuan sari dari akar, bunga, daun, batang dari berbagai tumbuhan. (Harris,1989).Aroma wangi dari tumbuh-tumbuhan tetap merupakan bumbu pada  setiap acara kebudayaan. Bahkan saat ini bedak, lulur, dan berbagai jenis kosmetika tradisional masih mampu bertahan sebagai perias kecantikan sebagian besar wanita Indonesia. (Harris,1989).
Untuk itulah bahan-bahan pewangi serta minyak sari tumbuh-tumbuhan telah diperdagangkan sejak dahulu kala. Banyak Negara serta kerajaan menjadi termashur karena minyak atsirinya, misalnya: minyak cendana, minyak cempaka, miyak kenanga, minyak Sereh Wangi, minyak kayu putih dan lain sebagainya. Menurut sejarah, penjajahan terhadap Negara kita diawali oleh datangnya para pedagang yang berlomba-lomba mencari rempah-rempah. Ini merupakan suatu bukti bahwa penyedap dan pewangi bukan saja di butuhkan di dunia Timur, tetapi di dunia barat juga membutuhkannya. (Ruslan Harris,1989).
Di zaman modern ini, aneka bahan berbau telah ditambahkan pada ribuan jenis barang yang digunakan manusia, misalnya sabun cuci, karbol semir sepatu dan lain-lain. Wewangian teknis ternyata telah menjadi kebutuhan manusia. (Harris,1989).
Tanaman sereh wangi sampai saat ini masih banyak orang bertanya-tanya tentang sereh wangi, mungkin mereka pernah mendengarnya tetapi ada juga yang belum tahu sama sekali. Tanaman sereh wangi terdiri dari beberapa jenis, sehingga kekeliruan memilih jenis sereh wangi akan menyebabkan kegagalan bagi para petani sereh wangi.
Asal-usul tanaman sereh wangi di Indonesia, pastilah tak dapat dipisahkan dengan usaha penyulingan minyak sereh wangi itu sendiri, sebab hampir tiada gunanya sereh wangi ditanam jika daunnya tidak disuling untuk diambil minyaknya.
Ketika AKJ Kaffer berburu di kawasan sekitar Cirebon pada tahun 1890, ia sempat menemukan ketel penyulingan yang sederhana. Kemudian timbul pemikiran agar ketel penyulingan yang ditemukan tersebut berfungsi maka perlu dicari bahan baku, maka ditanamlah sereh wangi. Percobaan penanaman Kaffer ini ternyata menarik perhatian orang, sehingga dicoba pula di Kebun Raya Bogor. Namun usaha penyulingan minyak sereh wangi ini, selain dipelopori oleh Kaffer dipelopori juga oleh beberapa ahli destilasi lainnya seperti; M. Treub,   PV van Romburg, AWK de Jong, HW Hofstede dan sebagainya.

Sumber pustaka menyebutkan, pada tahun 1899 untuk petama kalinya tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri dari Srilangka ditanam di Kebun Raya Bogor. Sedangkan sumber lain menulis, sereh wangi jenis Mahapengiri justru dianggap asli Indonesia. Ketika itu, sampai tahun 1902, hanya terdapat dua buah industri penyulingan yang mampu menunjukkan eksistensinya, yaitu; pabrik Odorata milik Kaffer di Cicurug, dan Cikancana di Cianjur. Hanya sayang pada waktu itu minyak sereh wangi asal Jawa belum mampu bersaing dengan minyak sereh wangi asal Ceylon. Akan tetapi setelah tahun 1900, konsumen Eropa justru mulai tertarik kepada minyak sereh wangi produk Jawa. Bahkan pada tahun 1919, produk ekspor minyak sereh wangi asal Jawa berhasil menandingi ekspor dari Ceylon.
Disamping jenis Mahapengiri, ada pula sereh wangi jenis Lenabatu yang berasal dari Srilangka dan diintroduksi ke Jawa sejak tahun 1900. Maksud dan tujuan pengembangan sereh wangi jenis Lenabatu ini untuk mempercepat dan memantapkan produksi minyak sereh wangi, karena permintaan pasar Eropa sangat besar, sehingga harus dipenuhi. Namun sejarah mencatat, bahwa kedatangan Lenabatu tersebut merusak reputasi pulau Jawa sebagai penghasil minyak sereh wangi, sebab minyak asal Lenabatu bermutu jelek.

Nutrion

Selain untuk bumbu dapur ibu dirumah, ternyata serai mempunyai banyak kandungan yang dapat bermanfaat untuk manuisa, kandungan serai yaitu antaranya:  minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Function

Kolesterol sehat
Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah,  dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.
Detoksifikasi
Sereh dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi  berbagai organ tubuh,  termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.
Anti Kanker
Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat.
Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus
Studi telah membuktikan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki aktivitas anti biofilm , yang bermanfaat pencegahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Sereh mengandung fenol yang memiliki kemampuan menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh,  dan menyembuhkan biofilm yang terletak di mana saja pada tubuh. Sereh akan mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman, sehingga akan membantu menghambat pembentukan biofilm. Minyak esensial dari sereh berguna untukpenggunaan topikal maupun internal untuk penyakit yang didiagnosis dengan biofilm seperti penyakit Lyme.
Gangguan Perut
Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki sifat anti mikroba dan anti-bakteri yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh bermanfaat untuk mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual dan perut nyeri.
Menyembuhkan Insomnia
Sereh juga bermanfat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak.
Gangguan Pernapasan
Seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu  vitamin C  dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karena flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.
Mengatasi Demam
Sereh juga dikenal sebagai obat penurun panas, yaitu memilik efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. Efek anti-piretik(mengeluarkan keringat)  sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.
Infeksi
Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh.
Mengurangi Nyeri
Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya. Fitonutrien yang terdapat pada serai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo dan sakit punggung. Sereh sangat membantu untuk mengobati  luka dan memar.
Sistem Saraf
Sereh telah terbukti bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sereh digunakan untuk mandi terapi,  yang akan membantu untuk menenangkan saraf,  mengurangi gejala depresi dan kelelahan yang disebabkan oleh stres.
Diabetes tipe 2
Sereh telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.
Rematik
Sereh efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.
Sistem kekebalan
Sereh dapat membantu memulihkan sistem penting dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf. Sereh juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memperkuat mekanisme sistem  kekebalan tubuh.
Perawatan kulit
Sereh bermanfat sebagai tonik kulit, dan sebagai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik. Hal ini karena sereh memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori , serta sifat sterilisasinya.
Kesehatan seluler tubuh
Sereh mengandung zat antioksidan , sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus yang membantu untuk menghasilkan sel darah putih. Sereh juga membantu merangsang regenerasi sel. Folat dan kalium pada batang dan daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.
Aromaterapi
Ramuan Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan antiseptik. Minyak banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutik yang akan membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh.  Minyak sereh memiliki zat alami yang akan membantu merangsang sirkulasi darah dan meremajakan jaringan kulit. Hal ini juga membantu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu dan lelah.
Obesitas
Sereh mengandung citral yang telah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut,  dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.
Bau badan
Sereh juga digunakan dalam pembuatan deodoran,  karena sifat pembersih dan sifat anti-bakteri yang akan membantu memerangi bau badan yang tidak sedap serta  mencegah infeksi jamur dan bakteri. Sereh juga dapat ditambahkan untuk merendam kaki yang sakit atau berbau.
Karakteristik
Berikut ini ciri-ciri tanaman serai wangi (Cymbopogon nardus) yaitu
- Tumbuh berumpun.
- Tinggi sekitar 50-100 cm.
- Daunnya tunggal berjuntai, panjang bisa mencapai 1 m, lebar 1,5 cm,
- Bagian bawahnya agak kasar.
- Tulang daun sejajar berada ditengah.
- Batang tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek.
- Berwarna putih dan akarnya serabut.
Serai wangi juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena tanaman ini mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, dan asam-asam organik yaitu sitonelal. Zat sironelal ini memiliki racun kontak sehingga nyamuk dapat kekurangan air.Perbanyakan dapat dilakukan dengan pemisahan anakan atau Stek anak, yaitu diperoleh dengan cara memecah rumpun yang berukuran besar menjadi bagian satu tananan.


0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates