Sabtu, 05 Mei 2018

some ingredients


Spinach


History

Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.

http://wiwisutirmansih.blogspot.co.id/2011/06/sejarah-dan-budidaya-bayam.html

Nutrion

Setiap jenis sayuran pastinya memiliki nutrisi yang baik di dalamnya, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Demikian juga dengan bayam, dalam 100 gram bayam, terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, diantaranya:
·         2,3 gram protein
·         3,2 gram karbohidrat
·         3 gram zat besi
·         81 gram kalsium
Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk diserap oleh tubuh. Selain beberapa nutrisi bayam tersebut, bayam juga kaya akan vitamin, baik vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Bayam juga mengandung mineral, seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, flavonoid dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat dalam bayam iyalah karotenoid. Kandungan gizi, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam bayam, sangat baik untuk dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

https://manfaat.co.id/manfaat-bayam-bagi-kesehatan

Function

1.      Dapat Melawan Kanker
Kanker disebabkan karena perkembangan sel kanker yang merambat ke jaringan tubuh. Sedangkan bayam memiliki kandungan flavonoid yang memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Kandungan flavonoid dalam bayam mampu menurunkan risiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker ke seluruh tubuh. Flavonoid dalam bayam, mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 34%. Dengan mengkonsumsi bayam, beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim dan beberapa jenis kanker lainnya, tidak dapat melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh, sehingga tidak dapat berkembang menjadi jenis kanker yang dapat menggerogoti tubuh manusia.
2.      Menjaga Kesehatan Mata
Bayam memiliki kandungan karotenoid dan juga vitamin A. Vitamin A mampu membantu mata untuk menjaga kejernihan pandangan mata. Selain itu, kandungan karotenoid dalam bayam mampu untuk mencegah terjadinya pemyakit katarak dan degenerasi makula mata. Sehingga kesehatan mata dapat terjaga dengan baik.
3.      Memenuhi Kebutuhan Vitamin K
Bayam memiliki kandungan vitamin K di dalamnya. Vitamin K yang terkandung di dalam bayam sangatlah tinggi. Manfaat dari vitamin K sendiri yakni untuk menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi bayam, secara tidak langsung dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh, sehingga asupan vitamin K dalam tubuh dapat tercukupi. Apabila vitamin K tercukupi, maka kesehatan tulang juga dapat terjaga. Vitamin K ini mampu mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.
4.      Menguatkan Tulang
Jenis sayuran hijau seperti bayam, memiliki kandungan mineral di dalamnya, seperti magnesium, seng, fosfor dan tembaga. Kandungan mineral inilah yang mampu menjaga kesehatan tulang dengan menjaga tulang agar tetap kuat. Fosfor sendiri juga mampu menjaga kelenturan tulang, sehingga tidak hanya keras, namun tulang juga dapat terhindar dari keretakan tulang.
5.      Menurunkan Berat Badan
Bagi beberapa orang yang mengalami masalah berat badan, diet meruakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengembalikan tubuh agar tetap ideal. Salah satunya dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan menghindari makanan berlemak. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat di dalam bayam.

https://manfaat.co.id/manfaat-bayam-bagi-kesehatan

Karakteristik


Bayam “ Amaranthus sp. ” yaitu satu diantara tanaman sayuran yang bisa di budidayakan di dataran rendah serta dataran tinggi. Bayam ini mempunyai dua type yang bisa di budidayakan yakni bayam putih (Amaranthus tricolor) serta bayam cabut (Amaranthus hibrydus L).
Namun, ke-2 bayam ini mempunyai ketidaksamaan yang sangatlah jauh dari mulai bentuk daun, cabang batang serta bunga. Dengan cara garis besarnya bayam ini masihlah berfamili dengan bayam-bayaman (Amaranthuscea). Diluar itu, berdasar sebagian ilmuan kalau bayam ini mempunyai ciri ciri morfologi serta anatomi seperti berikut.

Klasifikasi Tanaman Bayam
·         Kingdom : Plantae
·         Sub kingdom : Tracheobionta
·         Sub Divisi : Spermatophyta
·         Division : Magnoliophyta
·         Class : Magnoliophyta
·         Sub Classis : Caryophyllidae
·         Famili : Amaranthacea
·         Genus : Amaranthus
·         Species : Amaranthus L. (Amaranthus sp.)
·         Morfologi Tanaman Bayam
Dengan cara biasanya, tanaman bayam bisa di kerjakan anatomi serta morfologinya berdasar pada memiliki bentuk berbentuk akar, batang, daun, bunga serta biji.

a. Akar
Tanaman bayam mempunyai akar perdu (terma), akar tanaman bayam ini bakal menembus tanah sampai kedalaman 20-40 cm bahkan juga lebih. Akar tanaman bayam ini termasuk akar tunggang serta mempunyai serabutan dibagian atasnya.

b. Batang
Tanaman bayam mempunyai batang tumbuh dengan tegak, tidak tipis serta banyak terkandung air. Batang pada tanaman ini mempunyai panjang sampai 0. 5-1 mtr. serta mempunyai cabang monodial. Batang bayam berwarna kecoklatan, abu-abu serta mempunyai duri halus dibagian pangkal ujung batang tanaman bayam.

c. Daun
Tanaman ini mempunyai daun tunggal, berwarna hijau muda serta tua, berupa bulat memanjang dan oval. Panjang daun pada bayam 1, 5-6, 0 cm bahkan juga lebih, dengan lebar 0, 5 – 3, 2 cm serta mempunyai pangkal ujung daun runcing dan obtusus. Batang bayam dibarengi dengan tangkai yang berupa bulat serta mempunyai permukaan opacus. Panjang tangkai ini meraih 9. 0 cm serta mempunyai sisi pinggir atau permukaan repandus.
d. Bunga
Bunga tanaman bayam ini mempunyai kelamin tunggal, berwarna hijau tua, serta mempunyai mahkota terbagi dalam daun bunga 4-5 buah, benang sari 1-5, serta akan buah 2-3 buah dan yang lain yang menolong dalam penyerbukan. Bunga tanaman bayam ini memiliki ukuran kecil serta mempunyai panjang meraih 1, 5-2, 5 cm, dan tumbuh di ketiak daun yang tersusun tegak. Tetapi, penyerbukan bunga ini umumnya di bantu dengan juga binatang seputar serta angin.

e. Biji
Tanaman bayam mempunyai biji memiliki ukuran kecil, serta halus, mempunyai bentuk bulat dan mempunyai warna kecoklatan sampai kehitaman. Tetapi, terdapat banyak type bayam yang ada biji berwarna putih serta merah, misalnya bayam maksi.
https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2016/01/ciri-ciri-tanaman-bayam.htmlMint Leaf

Wortel


History

Ketika orang menyebut nama wortel, maka yang terbayang adalah warna oranye. Ya, warna oranye memang sekarang ini seolah identik dengan sayuran yang satu ini. Meskipun demikian, selain oranye, warna wortel sendiri bermacam-macam: putih, kuning, merah, maupun ungu.Berbagai catatan sejarah menyebutkan, wortel sudah dikenal orang sejak abad ke-1 Masehi. Lantaran aromanya yang sangat khas, dulu orang menanam wortel untuk mengambil daun dan bunganya saja, bukan akarnya seperti sekarang.
Secara garis besar, para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam dua kategori, yaitu wortel timur dan wortel barat. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di Afganistan pada abad ke-10 Masehi. Warna wortel ini ungu. Sementara itu, wortel barat dibudidayakan pertama kali di Belanda, sekitar abad ke-15. Warna wortelnya oranye.
Untuk mendapatkan wortel yang berkualitas baik, tanaman wortel sebaiknya ditanam pada tanah yang sedikit berpasir, namun tidak berbatu. Cuaca dan kondisi tanah secara keseluruhan akan berpengaruh terhadap rasa wortel yang dihasilkan.
Ukuran wortel pun bervariasi. Ada yang kecil, sedang, besar, dan bahkan superbesar. Wortel yang ditanam oleh John Evans dari Alaska, Amerika Serikat, sekarang ini masih tercatat sebagai wortel yang terbesar di dunia, dengan berat sekitar 8,61 kg.
Di samping kaya akan sumber vitamin A, wortel juga kaya akan sumber vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium. Dengan zat-zat yang dikandungnya tersebut, wortel diyakini para ahli kesehatan dapat melindungi tubuh dari risiko serangan penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kesehatan mata. Selain dinikmati dalam bentuk sayur atau lalab, wortel kerap pula dinikmati dalam bentuk jus.
Berdasarkan catatan FAO (Organisasi Makanan dan Pertanian PBB), Cina merupakan penghasil terbesar wortel di dunia, disusul oleh Rusia dan Amerika Serikat. Sepertiga wortel dunia dihasilkan di Cina.
Dalam pada itu, Hotville, sebuah kota di Kalifornia Amerika Serikat, menyatakan dirinya sebagai “Carrot Capital of the World” alias “Ibu Kota Wortel Dunia.” Di kota ini setiap tahunnya diselenggarakan festifal wortel.

http://www.beritaunik.net/unik-aneh/sejarah-unik-wortel.html

Nutrion

Wortel memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis, terutama kaya akan zat anti-oksidan, vitamin, dan serat. Sayuran ini rendah kalori, yaitu hanya menyediakan 41 kalori per 100 g, dan tidak mengandung lemak maupun kolesterol. Wortel adalah sumber yang banyak mengandung karoten dan vitamin A. 100 g wortel segar mengandung sekitar 8285 mg beta karoten dan 16.706 IU vitamin A. Studi telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel membantu melindungi kulit, paru-paru, dan kanker rongga mulut. Karoten akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh setelah dikonsumsi. Beta karoten adalah jenis karoten utama yang terdapat dalam sayuran ini. Beta karoten juga merupakan salah satu anti-oksidan alami yang kuat, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.
Selain itu, wortel juga memiliki semua fungsi dari vitamin A, seperti menjaga kesehatan mata yang baik, meningkatkan kesehatan reproduksi pria, serta pemeliharaan, integritas, pertumbuhan, dan perkembangan epitel. Wortel juga mengandung banyak zat antioksidan yang disebut dengan poliacetylene dan, falcarinol. Studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Newcastle pada hewan dilaboratorium menemukan bahwa falcarinol dalam wortel bisa membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel prakanker. Wortel juga merupakan sumber vitamin C yang baik; menyediakan sekitar 9% dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C adalah antioksidan larut dalam air, yang membantu tubuh menjaga kesehatan jaringan ikat, gigi dan gusi. Anti oksidan membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit dan kanker dengan cara menyingkirkan radikal bebas berbahaya.
Sayuran ini juga sangat kaya vitamin B kompleks, seperti asam folat, vitamin B6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang bekerja sebagai kofaktor enzim selama metabolisme substrat dalam tubuh . Wortel juga mengandung mineral dalam jumlah yang sehat, seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium. Mangan diperlukan oleh tubuh sebagai kofaktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Kandungan nutrisi dan manfaat umbi bit bagi Kesehatan Kandungan gizi wortel per 78 gram (sumber ) Kalori 27 Kalori dari Lemak 1 Total Lemak 0,1 g 0 % Lemak Jenuh 0 g 0 % Lemak tak jenuh ganda 0,1 g Lemak tak jenuh tunggal 0 g Kolesterol 0 mg 0 % Sodium 45 mg 2 % Kalium 183.3 mg 5 % Karbohidrat 6.4 g 2 % Serat 2,3 g 9 % Gula 2,7 g Protein 0,6 g Vitamin A 266 % · Vitamin C 5 % Kalsium 2 % · Zat Besi 1 %

https://resepcaramemasak.org/kandungan-nutrisi-wortel

Function

1.       Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Manfaat wortel untuk mata sudah paten, Wortel sudah dikenal sebagai sumber makanan yang dapat menyehatkan indera penglihatan. Wortel mentah mengandung banyak sekali vitamin A yakni sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu wortel juga mengandung banyak beta carotene yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kita.Vitamin A selanjutnya diubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk dapat melihat ketika malam hari. Selain itu, penelitian menunjukan jika orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya beta carotene cenderung memiliki kemungkinan menderita katarak dan rabun jauh lebih rendah 40 persen dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi beta carotene.
2.       Membantu Pencegahan Penyakit Kanker
Berbagai penelitian menunjukan jika wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru – paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukan jika wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk ke dalam zat anti kanker. Falcarinol sendiri merupakan sejenis pestida alami yang dihasilkan oleh wortel guna melawan penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur.
3.       Membantu Memperlambat Penuaan
Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.
4.       Membantu Menyehatkan Kulit
Tingginya vitamin A dan juga anti oksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Kerusakan kulit tersebut juga termasuk keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, jerawat, kulit kering maupun pigmentasi kulit. Hal – hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A.
5.       Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi
Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka anda.

https://manfaat.co.id/manfaat-wortel-mentah

Karakteristik

Wortel merupakan tanaman sayuran termasuk ke dalam jenis tanaman semak, dan tumbuh baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Tanaman wortel mempunyai struktur batang yang pendek, serta akar yang berakar tunggang dapat berubah bentuk menjadi bulat dan disebut dengan umbi. Umbi wortel ini tampak berwarna kuning kemerah-merahan, yang berarti mengandung tinggi senyawa karoten dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Devisi           :   Spermatophyta

Sub devisio     :   Angiospermae

Kelas             :   Dicotyledon

Ordo              :   Umbelliferales

Family           :   Umbelliferae

Genus            :   Daucus

Species          :   Daucus carota L

Tanaman wortel memiliki daun majemuk bergaris-garis (lanset), dengan 4 sampai 7 tangkai daun yang berukuran panjang, tangkai daun agak tebal dan kaku namun permukaan daunnya halus. Pada bagian batangnya, berukuran sangat kecil sehingga terkadang hampir tidak terlihat. Biasanya batang wortel berdiameter 1 cm sampai 1,5 cm, memiliki tekstur yang keras, bulat dan tidak berkayu. Batang wortel juga tidak bercabang, tetapi ditumbuhi tangkai daun sehingga seolah-olah terlihat mempunyai cabang.

Dalam taksonomi tanaman, memiliki sistem perakaran serabut dan tunggang. Dalam perkembangannya akar tunggang tersebut akan mengalami perubahan fisiologis atau bentuk dan fungsinya menjadi tempat penyimpanan makanan bagi tumbuhan. Akar ini kemudian tumbuh menjadi besar dan memanjang, pembesaran akar ini dapat mencapai panjang 30 cm dengan diameter sekitar 6 cm. Akar yang telah membesar inilah yang kemudian dikenal dengan nama umbi wortel atau wortel. Selain pertumbuhan akarnya yang khas, tumbuhan wortel juga memiliki bunga yang tumbuh di ujung tangkai, berbentuk menyerupai payung, bertangkai pendek dan tebal, serta berwarna merah jambu pudar atau putih. Bila mengalami pernyerbukan, bunga dapat menghasilkan buah berukuran kecil, ditumbuhi bulu-bulu halus, dan mengandung biji.

Sekarang ini, dalam sistem telah ditemukan beberapa varietas wortel baru yang memiliki sifat lebih unggul dibandingkan varietas-varietas sebelumnya. Bredasarkan dari bentuk umbinya, varietas wortel dibagi menjadi tiga kelompok, meliputi, Chantenay,Imperator, dan Nantes. Kelompok Chantenay mempunyai bentuk umbi bulat dan panjang dengan ujung yang tumpul, panjang umbi berkisar antara 15-20 cm. Selain itu umbi jenis varietas ini mempunyai rasa yang manis sehingga banyak disukai masyarakat. Pada wortel kelompok Imperator mempunyai bentuk umbi bulan panjang, tetapi dengan ujung yang meruncing, panjang umbi antara 20-30 cm, rasa umbi ini kurang manis jika dibandingkan dengan kelompok Chantenay. Sedangkan kelompok Nantes mempunyai bentuk umbi kombinasi dari jenis Chantenay dan Imperator, yaitu mempunyai bentuk bulat tapi sedikit panjang, dengan panjang rata-rata antara 10-15 cm. Dari ketiga kelompok tersebut, varietas dari kelompok Chantenaylah yang memberikan hasil terbaik dari segi sifat, pertumbuhan, dan hasil panennya, sehingga banyak dicari oleh petani wortel
https://manfaat.co.id/manfaat-wortel.

Potato


History

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.
Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter sekitar 3cm. Warnanya berkisar dari ungu hingga putih.                                                                             
Persebaran Tanaman Kentang
Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -termasuk Indonesia-. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai. Salah satunya berada di pegunungan dieng.
https://kentangdiengsuper.wordpress.com/2016/03/09/sejarah-kentang/

Nutrion

1. Kaya Mineral
Kentang tinggi akan potassium, magnesium, copper, kalsium, fosfor, zinc dan zat besi. Kelompok mineral ini penting bagi tubuh untuk menjalankan fungsi organnya dengan baik. Selain itu kentang juga mengandung sedikit phytic acid yang memungkinkan mineral-mineral ini terserap secara optimal oleh tubuh. Oleh sebab itu kentang menjadi karbohidrat yang lebih bernutrisi ketimbang nasi putih, pasta atau roti putih.
2. Vitamin C
Satu butir kentang ukuran sedang memiliki 40 mg vitamin C. Kandungan vitamin C nya memang akan berkurang 30 persen karena proses memasak, namun sisa 15 mg nya tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.
3. Mengenyangkan
Kentang menjadi makanan nomor tiga yang paling mengenyangkan saat disantap, tapi cukup lama membuat Anda lapar kembali dibandingkan nasi putih atau roti. Oleh sebab itu kentang bisa dijadikan pilihan makanan untuk membantu program diet penurunan berat badan. Dengan catatan, jika kentang diolah dengan cara dipanggang, tumis, atau rebus tanpa tambahan bumbu berkalori. Mencampur salad kentang dengan cuka sebagai dressing, juga bisa menurunkan indeks glikemik yang mengurangi risiko Anda terkena diabetes.
4. Vitamin B
Vitamin B penting untuk pembaharuan dan regenerasi sel, metabolisme DNA dan protein serta produksi energi. Kentang, memiliki berbagai jenis vitamin B seperti niacin, vitamin B6, folat (B9) dan choline (B4). Choline merupakan jenis vitamin B yang dikenal bisa meningkatkan fungsi otak.
5. Protein Lengkap
Kentang ukuran medium memiliki 4 gram protein yang dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan protein harian. Terlebih penting lagi, protein yang terdapat dalam kentang mengandung 9 asam amino esensial yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
6. Enzim
Kentang yang dimasak dan kemudian didinginkan akan membentuk amylose, enzim yang sulit dicerna lambung dan usus halus tapi merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Bakteri baik ini mencerna amylose dan memproduksi butyrate, jenis asam lemak yang menutrisi sel-sel pelapis usus besar, melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah. Butyrate juga mencegah terjadinya peradangan, membantu penurunan berat badan berlebih, meningkatkan sensitivitas insulin dan metabolisme tubuh.
7. Jangan Buang Kulitnya
Dijelaskan Kanchan Koya, Ph.D., doktor Molecular Biology dari Harvard Medical School, beberapa nutrisi penting terkandung dalam kulit kentang, salah satunya zat besi. Dibandingkan daging kentang, zat besi lebih banyak terdapat dalam kulitnya. Jadi disarankan Anda memasak kentang beserta kulitnya. Baik itu panggang, rebus, kukus atau tumis. (hst/hst)

https://wolipop.detik.com/read/2016/08/26/163712/3284515/1135/7-nutrisi-penting-di-dalam-kentang-yang-belum-banyak-diketahui

Function

Kentang dikenali orang sebagai makanan pokok di luar negeri. Ini karena kentang mengandung karbohidrat. Di Indonesia sendiri, kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah. Namun demikian, kentang adalah makanan yang enak serta sangat bernutrisi. Juga dikenali mengandung sejumlah vitamin dari C, hingga asam folat. Juga mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol.
Dalam tubuh kentang ini, juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, antikejang, antijamur, dan pestisidal.  Kompresan air kentang ini dikenal sangat membantu pengobatan luka pada kulit, terlebih di negara miskin yang sulit cangkok kulit (skin graft). Namun demikian, manakala kentang terpapar cahaya, kentang dapat saja membuat glikoalkaloid yang dinamakan solanin secara berlebih, sehingga jadilah berbahaya untuk dikonsumsi. Bahaya yang dapat terjadi ialah terganggunya sistem saraf, terbakar tenggorokan, sakit kepala, paralisis/lumpuh tungkai, dan badan mendingin. Apabila dosis sudah 3-6 mg, akibat bisa fatal. Pengobatan yang bisa dilakukan ialah memberi arang aktif/norit, cuci lambung, dan diberi cairan infus.
Sebab itu, untuk pencegahan terjadinya solanin pada kentang yang hendak dikonsumsi itu, maka letakkan kentang di tempat yang gelap. Memasak solanin pada suhu tinggi, dapat menghancurkan sebagian solanin. Juga, hindari mengonsumsi kentang yang sudah berkecambah dan berwarna hijau di bagian bawah kulit, karena alkaloid solaninnya sudah tinggi dan sudah sangat beracun.

Karakteristik

Karakteristik tanaman kentang

·         Tumbuh dengan menjalar

·         Berkembangbiak umbi langsung ataupun tidak

·         Termasuk kedalam umbi- umbian

·         Bentuk kentang bulat dan berwarna putih kecoklatan hingga kekuningan

·         Memiliki kulit umbi sangat tipis dan juga umbi sangat keras

·         Umbi terletak dibagian pangkal bawah tanah

Keuntungan tanaman kentang

·         Pertumbuhan cepat dan pemanen relatif singkat

·         Budidaya mudah dan sederhana

·         Komposisi kandungan tinggi

·         Daun bermarfaat sebagai pakan ternak


http://fredikurniawan.com/klasifikasi-kentang-solanum-tubercum-l/

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates