Minggu, 11 November 2018

describe some ingredients part 06


Explanation of some ingredients

Tourism Polytechnic of Makassar

Culinary Arts Management “5th semester”

Tuesday , 18 september 2018


Melon
History


Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah semusim yang berasal dari lembah persia, Mediternia. Dari daerah asalnya, melon kemudian menyebar ke Eropa dan Timur Tengah. Pada abat ke-14, Colubus membawa tanaman ini ke Amerika, yang kemudian banyak tumbuh di daerah California, Texas, dan Colorado. Selain Colombus, Bangsa Moor juga banyak berjasa mengembangkan tanaman ini. Melon kemudian mengalami perkembangan jenis di Jepang, Cina, India, Spanyol, dan Iran.

Buah melon masuk ke Indonesia dan mulai dibudidayakan pada tahun 1970. pada saat itu, melon menjadi buah yang bergengsi tinggi dan sangat mahal. Konsumennya punterbatas, hanya kalangan yang tergolong ekonomi tinggi. Namun , buah yang mengandung banyak air kini sudah bisa dinikmati semua kalangan. Bahkan, tanaman ini sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Kalianda (Lampung) dan Cisarua (Bogor) merupakan daerah pertama yang mengembangbiakkan melon secara serius. Selanjutnya daerah ngawi dan madiun (Jawa Timur)., serta Boyolali dan Klaten (Jawa Tengah) menjadi sentra penghasil melon yang cukup dominan.

Era 1990-an merupakan puncak pengembangan melon di Indonesia. Pada saat itu, melon sangat ramai dibudidayakan oleh para pekebun. Tidak saja ditanam di lahan-lahan pertanian, melon juga mulai dikembangkan dirumah kaca. Cara penanamannya pun mengalami perkembangan. Ada yang ditanam di dalam pot dengan media tanah, ada pula yang ditanam dengan sistem hidroponik. Pada tahun-tahun itu pula indonesia kebanjiran benih berbagai varietas melon dari berbagai negara produsen.

Benih melon yang paling banyak ditanam adalah benih yang berasal dari taiwan. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah awal pengembangan melon di Indonesia. Pada awal pembudidayaan melon, pekebun masih menemui banyak kendala dalam teknik budidayanya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Indonesia mendatangkan tenaga ahli dari taiwan. Karena itu, tak heran jika benih melon Taiwan kemudian mendominasi sentra-sentra pertanaman melon di Tanah air.

Sampai saat ini produsen buah melon terbesar adalah di pulau jawa, disusul kemudian Sumatra, Kallimantan, Bali dan sulawesi. Pada awal perkembangannya, produksi buah melon di Indonesia meningkat tajam. Puncak produksi melon nasionalterjadi pada tahun 1996 yang mencapai 478.654 ton dengan luas penanaman 33.288 hektar. Setelah itu, jumlah produksi melon fluktuatif dengan kecenderungan menurun. Penurunan ini terjadi seiring dengan menyempitnya areal penanaman melon.

Pada tahun 2003, produksi melon nasianal hanya 70.560 ton dengan luas penanaman 3.329 hektar. Pada tahun 2004 produksi melon menurun menjadi 47.664 ton dengan luas penanaman 2.287. selanjutnya pada tahun 2005 naik menjadi 58.440 ton dengan luas penanaman 3.245 hektar.

Jika dibandingkan dengan era 1990-an, produksi tersebut memang menurun tajam. Serangan hama dan penyakit akibat tidak adanya rotasi tanaman, diduga menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, melon membutuhkan biaya besar. Dan teknik budidaya yang tidak mudah. Beberapa petani yang semula “ikut-ikutan” menanam melon, mengalihkan usahanya menanam komoditi lain yang lebih mudah.

Pada tahun 2002, Indonesia mengekspor buah melon sebanyak 33411ton. Jepang, Korea, Hong Kong, dan Singapura merupakan beberapa negara yang merasakan manisnya buah melon yang ditanam pekebun Indonesia. Sementara itu, selama 2005-2008 rakyat Indonesia diperkirakan akan mengonsumsi buah melon sebanyak 1,34-1,50 kg/kapita/tahun.


Nutrion

Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
- Karbohidrat 14,8 gr
- Protein 1,55 gr
- Lemak 0,5 gr
- Potassium 546,9 mg
- Vitamin A 5.706,5 IU
- Vitamin C 74,7 mg


Function

1.     Tinggi kandungan kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon adalah mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi Anda.

2.     Mengandung vitamin C

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk  kesehatan. Perharinya, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

3.     Baik untuk yang sedang diet

Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

4.     Kaya kandungan vitamin B6

Seperti vitamin B lainnya, vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6  dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5.     Baik untuk ibu hamil

Selama kehamilan, tubuh seorang ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini juga harus diperhatikan, karena ini adalah periode di mana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.

Dengan makan buah melon, ibu dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satu contohnya, kandungan kalium melon yang menjaga kesehatan jantung, serta vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin sehat melahirkan anak yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon perharinya.


Karakteristik

Dalam dunia medis (kedokteran) penggunaan buah melon telah banyak dilakukan mirip dibuat jus untuk para pasien penderita penyakit maag dan kanker lambung, kanker usus besar, radang lambung, sembelit, diare, dan mengobati penyakit kencing manis (diabetes melitus). Tidak hanya itu, jus buah melon juga dimanfaatkan sebagai minuman menyehatkan untuk badan (untuk keperluan diet seimbang). Jika cuaca di luar rumah cukup terik, maka tidak ada salahnya bila mengonsumsi buah melon yaitu pilihan terbaik bagi Anda.

Buah melon mempunyai karakteristik buah yang berbentuk lingkaran layaknya bola, memiliki perakaran serabut, termasuk tumbuhan monokotil (berkeping satu), batang umumnya menjulur ke atas dengan adanya sulur di episode ujung batang dan beberapa ruas ketiak batangnya. Buah melon yang masih muda biasanya memiliki kulit buah berwarna hijau renta dengan adanya garis-garis ibarat jala, atau adakala berwarna hijau kecokelatan. Tangkai buahnya menempel pada ketiak daun atau ketiak batang, batang tidak beruas-ruas, buah kelipatan lima, bunganya berwarna kuning mirip bunga mentimun, dengan episode benang sarinya berwarna putih dan adakala berwarna agak kekuningan sesuai dengan varietas yang ditanam. Jika buah melon sudah matang biasanya warna kulit buah sudah menjadi kuning cerah atau hijau kecokelatan dengana adanya garis-garis putih tidak teratur (seperti jala) di episode permukaan luar buahnya. Biji melon berbentuk mirip biji mentimun, daging buah melon cukup lunak, buahnya anyir bila sudah matang.

Pohon melon mulai dibudidaya di wilayah Indonesia semenjak tahun 1980-an dan sangat baik di tanam di kawasan dataran rendah maupun di kawasan dataran tinggi (ketinggian 300-900 meter dari permukaan air laut). Apabila ketinggian tanah di atas >900 meter di bawah permukaan air laut maka tanaman melon kurang berproduksi secara maksimal sehingga hasil panen kurang menguntungkan. Tanah yang baik untuk membudidaya melon yakni jenis tanah liat berhumus (kandungan zat unsur hara/nutrien tinggi), tanah andosol dan latosol dengan tingkat keasaman (pH) tanah berkisar antara 5,8-6,8.

Curah hujan yang cukup (sedang) juga sangat mensugesti proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini (rata-rata curah hujan pertahun yang dibutuhkan untuk menanam buah melon dengan hasil penanen selangit yaitu 500-900 mm/tahun). Pohon melon sangat cocok ditanam pada tempertaur/suhu lingkungan berkisar 18-22 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban berkisar antara 75% sampai 95%. Selama hendak menanam buah melon sebaiknya petani memperhatikan kondisi lahan dan jenis tanah. Jenis tanah yang direkomendasikan oleh pakar petani buah melon yaitu di tanah liat yang sebelumnya tanah liat tersebut dicampur dan ditambahkan pupuk sangkar sebagai campuran biar komposisi unsur hara makro dan mikro tersedia di dalam tanah.




Aprikot

History

Buah aprikot atau Prunus Armeniaca merupakan salah satu spresies dari subgenus prem dan buah persik. Mengenai asal usul buah aprikot sangat sulit ditemukan karena buah ini sudah dikembangkan semenjak zaman prasejarah. Namun, kemungkinan besar asal buah aprikot yaitu dari sebelah barat cina atau asia tengah, atau bahkan mungkin Jepang dan Korea. Seiring berjalannya waktu, buah aprikot tersebar di seluruh dunia, namun pada tahun 2011 ada lima negara sebagai penghasi aprikot (eksporti) terbanyak, yaitu Turki, Iran, Uzbekistan, Italia, dan Aljazair.
Iklan (Tutup KI!k 2x)


Bentuk buah aprikot hampir sama dengan buah apel, hanya saja warna kulitnya dan warna dagingnya oranye. Sedangkan ukuran buah aprikot antara 4-5 cm dengan berat sekitar 35 gram.  Untuk pohon aprikot bentuknya relatif kecil, dengan tinggi sekitar 10 – 12 meter dengan daun berbentuk bulat telut. Ada banyak cara yang dalam mengkonsumsi buah aprikot, misalnya dimakan langsung, atau diawetkan dengan proses pengeringan atau pengalengan.

Di Indonesia sendiri, sekarang buah sudah banyak diperjualbelikan. Kita dapat membeli aprikot di supermarket atau melakukan pembelian online. Tentu saja harga buah aprikot yang ditawarkan cukup beragam, sesuai dengan pengolahannya. Kebanyakan buah aprikot yang diperjualbelikan sudah dikeringkan, jadi lebih awet dan tahan lama. Untuk harga aprikot kering ditawarkan dengan harga sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000 per kg.



Nutrion

Seperi tang disampaikan sebelumnya bahwa buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini sesuai dengan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah aprikot. Dalam buah aprikot, terkandung vitamin A, C, K, E, dan B3. Sedangkan kandungan mineral dalam buah aprikot meliputi mangan tembaga, magnesium, kalium, dan fosfor. Dengan kendungan tersebut, sudah jelas bahwa buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Function



1.     Manfaat Aprikot untuk mencegah kanker

Buah Aprikot mempunyai banyak antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan sel dan serangan radikal bebas. Radikal bebas ada karena akibat sinar UV, polusi, dan asap kendaraan. Radikal bebas dapat menghambat proses pertumbuhan sel, merusak jaringan sel, dan membawa perubahan dalam DNA sel. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan risiko sel kanker. Nah, dengan buah Aprikot yang mempunyai banyak kandungan vitamin A dan C sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit kanker.

2. Manfaat Aprikot untuk mengobati demam

Buah aprikot mengandung mineral, vitamin, kalori, dan air yang dibutuhkan tubuh. Untuk menurunkan demam menggunakan buah aprikot, kita dapat mengolah buah aprikot menjadi jus aprikot atau aprikot kukus sehingga dapat dikonsumsi dengan mudah oleh penderita demam.

3. Manfaat Aprikot untuk mengatasi gangguan kulit

Nah, satu lagi olahan buah aprikot, yaitu minyak aprikot. Minyak aprikot sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain bermanfaat untuk menjaga kecerahan dan kehalusan kulit, minyak aprikot juga dapat mengobati berbagai penyakit kulit, misalnya kudis, gatal-gatal, eksim, dan lain-lain. Hal tersebut tidak mengherankan kareda adanya vitamin A dan senyawa antioksidan dalam buah aprikot. Kandungan tersebut yang membuat buah aprikot bermanfaat untuk kulit.

4. Manfaat Aprikot untuk mengobati asma

Buah aprikot adalah obat alami untuk mengatasi hejala dan penyekit asma. Buah aprikot mempunyai stimulan dan ekspektoran tertentu yang bisa membantu mengurangi tekanan dan stres pada sistem pernapasan dan paru-paru, sehingga dapat mencegah asma.

6.     Manfaat Aprikot untuk mencegah anemia

Buah aprikot mempunyai kandungan tembaga dan zat besi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin dan pembentukan sel darah merah sehingga akan membantu organ tubuh supaya berfungsi dengan baik. Inilah yang membuat buah aprikot dapat mencegah anemia. Pada dasarnya, anemia adalah gejala kekurangan zat besi, dan dapat mengakibatkan kelelahan, kelemahan, pusing ringan, dan masalah pencernaan. Zat besi dan tembaga yang terdapat dalam buah aprikot merupakan bagian penting dalam


Karakteristik

Bentuk pohonnya yang kecil, tinggi 8-12 m, dengan batang sampai 40 cm dan  diameter kanopi, padat menyebar. Daun bulat telur, 5-9 cm dan 4-8 cm lebar, dengan dasar  bulat, ujung runcing dan margin bergerigi halus. Bunganya diameter 2-4,5 cm, dengan lima  kelopak putih merah muda, mereka diproduksi secara tunggal atau berpasangan pada awal musim  semi sebelum daun. Buah adalah buah berbiji mirip dengan persik kecil, diameter 1,5-2,5 cm  (lebih besar dalam beberapa kultivar modern), dari kuning ke oranye, sering diwarnai merah di  samping yang paling terkena sinar matahari, permukaannya biasanya pubescent. Benih tunggal  tertutup di shell berbatu keras, sering disebut sebagai "batu", dengan kasar, tekstur yang  halus kecuali untuk tiga pegunungan mengalir di satu sisi.

Menilik sejarah, buah satu ini rupanya sudah banyak berjasa di dunia kesehatan. Pada abad  ke-17 silam, minyak aprikot digunakan untuk melawan tumor di Inggris. Walaupun pada 1980 silam, National Cancer Institute di Amerika menyatakan laetrile dalam aprikot merupakan  penyembuhan kanker yang kurang efektif.

Di Benua Eropa lain cerita. Aprikot disebut-sebut jadi aphrodisiac, alias makanan pembangkit  gairah. Sastrawan William Shakespeare juga menulisnya dalam 'A Midsummer Night's Dream'. Aprikot juga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Hal itu disebabkan buah  jingga ini memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi.

Sementara di dunia obat-obatan tradisional Cina, aprikot punya peran lain. Buah ini dapat  membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi dan penawar dahaga yang manjur.




Blueberry
History

Blueberry adalah salah satu asupan paling sehat di muka bumi. Buah blueberry mengalahkan buah-buahan lain dan sayuran lain karena kadar kandungan antioksidan yang dimilikinya. Ini menjadikan blueberry sebagai salah satu penangkal kerusakan sel dalam tubuh gejala yang memberikan kontribusi terhadap terjadinya serangan jantung dan timbulnya kanker. Penelitian terhadap seekor tikus menyebutkan bahwa tikus yang mengkonsumsi buah ini menjadi lebih focus dan pintar dibandingkan dengan tikus yang tidak memakannya. Langsung aja yak ke paparan tentang Buah Blueberry.

Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi". Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1-8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.
Asal
Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris.
Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.


Nutrion

Blueberry banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, dan terutama sangat dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Jenis antioksidan kuat dalam blueberry yang diketahui adalah dari jenis Anthocyanidins – polifenolik, yaitu yang mempengaruhi warna ungu, hitam, dan merah pada buah-buahan dan sayuran. Nutrisi lain yang juga ditemukan dalam buah kecil berwarna keunguan ini adalah vitamin A, C, E, mangan, dan serat. Buah lain yang masih dalam golongan dengan blueberry adalah cranberry dan blackberry. Pada tahun 1999, kelompok ilmuwan dari NIH mendukung sebuah penelitian yang menunjukan bahwa blueberry efektif mengurangi efek penuaan dalam jaringan syaraf.


Function

Mencegah Penuaan Dini Antioksidan dalam blueberry akan mencegah efek penuaan dini, serta melindungi tubuh Anda dari penyakit seperti kanker dan jantung kronis. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel dengan jalan menetralisir radikal bebas, dan membantu menjaga tubuh dari banyak penyakit. Buah ini juga bisa mencegah peradangan, yang dikenal sebagai penyebab penyakit terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan penyusutan otak. Termasuk didalamnya yang membatu untuk manfaat ini adalah kandungan serat dan vitamin E.

Menyehatkan Otak Blueberry merupakan makanan otak alami, serta bisa membantu mengembalikan kehilangan memori jangka pendek, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan. Antioksidan juga membantu kemampuan motorik.

Menjaga Kondisi Penglihatan Blueberry juga vitamin A dengan kadar yang cukup baik, dengan demikian bisa mencegah kebutaan karena usia tua. Menurut litertur, pada PD 2, Angkatan Udara Inggris disuruh untuk makan buah ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari sehingga bisa cepat menyesuaikan mata dengan kegelapan.

Mencegah Kanker Selain kandungan anthocyanidin, blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi yang dilakukan dilaboratorium telah menemukan manfaat blueberry, yang salah satunya adalah bisa mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%. Buah ini terutama bagus dimasukkan untuk diet seorang wanita, yaitu untuk mencegah kanker ovarium yang hanya terjadi pada wanita.

Diabetes Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat yang terdapat dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk memanajemen diabetes mellitus tipe 2.

Manfaat Kandungan Vitamin B Blueberry juga mengandung kelompok vitamin penting yaitu vitamin B kompleks, yang terdiri dari niacin, pyridoxine, folat dan asam pantotenat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

            Manfaat Kandungan  Mineral Dalam hal mineral, blueberry menyediakan jumlah yang cukup baik dari kalium, mangan, tembaga, zat besi dan zinc. Kalium merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh,  yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan dipergunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Semangkuk blueberry bisa memberikan tubuh kita hampir lima kali lebih banyak manfaat kesehatan daripada semangkuk apel. Mengkonsumsi banyak makanan yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang berwarna, adalah cara yang sehat untuk memanajemen berat badan, mengendalikan diabetes, serta mencegah kanker. Blueberry tinggi akan kandungan antioksidan namun rendah kalori, sehingga merupakan pilihan yang bagusi untuk hidup yang lebih sehat. Blueberry bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, setelah dicuci bersih. Bisa untuk salad, es krim, dsb. Jika habis diambil dari lemari pendingin, lebih enak jika dibiarkan dulu sebentar agar memiliki suhu ruangan.


Karakteristik

Blueberry adalah buah dari tanaman semak, yang memiliki nama latin Vaccinium dari keluarga tanaman Ericaceae. Tanaman ini masih terbagi lagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu blueberry semak rendah dan semak tinggi. Blueberry semak tinggi, rata-rata bisa tumbuh dengan tinggi 10-12 meter, dengan batang yang banyak bercabang . Sementara jenis yang kedua, blueberry semak pendek, memiliki ketinggian tanaman sekitar 1-2 meter. Kedua jenis species ini bisa tumbuh ditanah berpasir, asam, dan lebih bagus tumbuh ditanah yang terbuka.





0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates