Senin, 12 November 2018

Describe some ingredients part 07


Explanation of some ingredients

Tourism Polytechnic of Makassar

Culinary Arts Management “5th semester”

Tuesday , 12 Desember 2018



Cherry
History


Buah mungil yang sering kita temukan sebagai hiasan cake, biasanya disimpan di atas cake secara utuh atau dipotong  sesuai selera. Buah cherry diambil dari nama pohonnya, yang bisa tumbuh dengan ketinggian 4 sampai 12 meter. Genus dari pohon ini adalah Prunus, dan secara umum dibagi menjadi dua kelompok yaitu cherry manis (Prunus Avium) dan cherry asam (Prunus Cerasus). Cherry manis umumnya bisa dimakan langsung atau jadi hiasan cake, sedangkan cherry asam biasanya digunakan untuk campuran masakan.

Buah ini tidak banyak dibiakkan secara komersil di negara kita, mungkin karena permintaannya tidak terlalu tinggi. Negara penghasil cherry terbesar di dunia adalah Turki , yang mencapai 480ribu metrik ton per tahun, negara berikutnya penghasil terbesar adalah Amerika Serikat, Iran dan Italia. Jenis cherry yang dikembangbiakkan secara komersil sangat banyak macamnya, tercatat lebih dari 30 jenis hasil perkawinan yang dipasarkan.

Kandungan nutrisi buah cherry manis dan asam sangat berbeda, cherry manis punya kandungan kalori yang lebih tinggi dan tentu kandungan karbohidratnya, sedangkan cherry asam punya kandungan vitamin C lebih tinggi yaitu 12% dibanding cherry manis yang hanya 8%.

Selain buahnya dimanfaatkan untuk makanan, pohon cherry adalah salah satu bahan kayu yang bagus untuk industri furnitur.


Nutrion

Secara lengkap, kandungan zat gizi pada buah ceri adalah energi, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, asam folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, tiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, zinc, beta karoten, dan lutein-zeaxanthin.

Buah ceri merupakan buah yang mengandung melatonin. Melatonin adalah senyawa sejenis antioksidan yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Melatonin dapat melewati bagian pelindung otak (sawar otak) dan memberikan efek menenangkan pada otak. Karena itu, melatonin efektif untuk mengobati gejala insomnia dan sakit kepala.

Senyawa lain yang terdapat dalam buah ceri, di antaranya adalah lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Senyawa ini berperan sebagai pelindung terhadap radikal bebas, yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, ceri mengandung perillyl alcohol (POH). Senyawa kimia ini berperan aktif untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan beberapa jenis kanker.



Function

Meredakan rasa sakit
Ekstrak ceri dapat menghalangi kerja enzim COX-1 dan COX-2 yang terlibat dalam proses peradangan dan sensasi rasa sakit. Aktivitas penghambatan oleh antosianin ini bahkan sebanding dengan konsumsi beberapa obat-obatan pereda nyeri.

Penelitian menunjukkan bahwa penderita osteoartritis yang minum 2 gelas jus ceri asam setiap hari mengalami penurunan inflamasi yang signifikan setelah 3 minggu. Mereka juga mengalami penurunan rasa sakit sebesar 20%.

manfaat buah cherry
Buah ceri memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan
Ceri pun membantu meredakan nyeri otot usai berolahraga. Penelitian lain mengungkap bahwa atlet lari jarak jauh yang minum jus ceri asam 2 kali sehari selama 8 hari mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang meminum plasebo. Pada atlet angkat beban pun, konsumsi ceri dapat mengurangi rasa sakit dan mempertahankan stamina lebih lama.

Membuat tidur lebih nyenyak
Ceri mengandung melatonin yang membantu mengatur siklus tidur-bangun dalam otak manusia. Melatonin dapat memberikan efek menenangkan pada neuron otak dan sistem nerves sehingga membantu meredakan insomnia dan sakit kepala. Melatonin sendiri sebenarnya diproduksi oleh kelenjar pineal dalam tubuh.

Penelitian mengungkap bahwa konsumsi sari ceri asam dapat meningkatkan kadar melatonin serta meningkatkan durasi dan efisiensi tidur.

Membantu mencegah stroke
University of Michigan Health System melakukan penelitian terhadap hewan percobaan untuk mengetahui efek sari ceri asam terhadap regulasi lemak dan glukosa. Hasilnya, ceri asam tak hanya menyediakan manfaat kesehatan kardiovaskular seperti obat-obatan yang biasa diresepkan dokter, namun juga mengurangi risiko stroke. Tikus percobaan mengalami peningkatan keseimbangan dan koordinasi yang signifikan serta penurunan tekanan darah.

Baik untuk diabetes
Kalori dan karbohidrat ceri termasuk rendah sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah wajar. Ceri juga berpotensi meningkatkan produksi insulin hingga 50% berdasarkan penelitian dari Michingan State University. Insulin ini meningkat saat dirangsang dengan antosianin dalam ceri. Produksi insulin bahkan meningkat hingga hampir 2 kali lipat saat terkena paparan antosianin yang paling aktif.

Karakteristik

Buah cherry adalah tanaman liar yang mempunyai bentuk daun-daun kecil seperti payung. Tanda-tanda tumbuhnya buahcherry ini adalah adanya butiran-butiran kecil hijau di antara dedaunan pohon ini.
           
Bila buah sudah membesar buah ini akan terlihat seperti kelereng, selain itu warna buah akan berubah menjadi merah dan bentuk buah akan bulat seperti kelereng.Buah ini terasa manis. Selain dikonsumsi, buah cherry biasanya juga dijadikan hiasan kue tart.

Di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa pohon cherry ini biasanya digunakan sebagai hiasan di tepi jalan karena bila musim gugur tiba, daun pohon cherry yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi kuning sehingga pohon Cherry jadi terlihat sangat menarik.

Cherry adalah sejenis tumbuhan dan buahnya yang berasal dari genus Prunus. Ada berbagai spesies ceri, misalnya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain-lain. Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang merupakan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan.



Raspberry

History

Raspberry adalah tanaman semak yang dapat tumbuh di berbagai area di dunia. Nama keluarga tanaman ini adalah Rubus. Jenis Raspberry yang dibudidayakan secara komersial adalah yang buahnya berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Untuk menghasilkan rasa yang baru maka tanaman Raspberry disilangkan dengan tanaman Blackberry dan diberi nama Tayberry.

Buah Raspberry yang matang berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis. Berbeda dengan berry lainnya, buah Raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya dengan berat sekitar 4 g/buah. Pemanfaatan Raspberry adalah untuk selai, buah segar dan jus. Selain itu Raspberry juga banyak mengandung Vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Raspberry, tanaman abadi dengan warna cerah dan rasa, mungkin bukan buah merah yang paling populer di pasar, tetapi buah tersebut sudah pasti sehat. Raspberry dapat melindungi terhadap banyak penyakit, memiliki banyak konten nutrisi lain, dan juga lezat. Raspberry datang dalam banyak varietas, memiliki banyak manfaat kesehatan, dan memiliki sejarah yang menarik.



Bukan saja membuat sehat dan sangat lezat, raspberry juga datang dalam banyak variasi, termasuk Raspberry Korea, Eropa Red Raspberry, Western Raspberry, Blue Raspberry, Black Raspberry, Wine Raspberry, dan American Red Raspberry. Beberapa ahli percaya tanaman raspberry Eurasia dan Amerika merah milik spesies tunggal, idaeus Rubus, dengan tumbuhan Eropa dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. idaeus atau var R. idaeus. idaeus, dan Amerika Utara raspberry merah dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. strigosus, atau var R. idaeus. strigosus.

Raspberry ditanam di Rusia, Serbia, Amerika Serikat, Polandia, Jerman, Ukraina, Kanada, Hungaria, Inggris, dan Perancis. Mereka diproduksi di negara-negara untuk pasar buah segar, namun juga dikirim ke pengolahan komersial. Raspberry yang dikeringkan, raspberry beku, selai raspberry dan jelly, saus raspberry, dan raspberry yang dihaluskan hanya beberapa menggunakan banyak raspberry.

Raspberry secara tradisional tanaman musim panas, namun dengan kemajuan baru dalam teknologi tumbuh raspberry dapat ditemukan sepanjang tahun. Seperti kebanyakan tanaman, mereka membutuhkan banyak air dan matahari untuk tumbuh potensi penuh mereka, tetapi tanah sangat basah atau terlalu banyak irigasi dapat menyebabkan “akar membusuk,” penyakit serius yang menyebabkan masalah besar bagi raspberry. Tanaman tersebut merupakan hasil dari para petani yang cukup kuat, dan kadang-kadang cukup invasif. Mereka cenderung menyebar agak cepat jika dibiarkan tumbuh tanpa pemangkasan yang tepat, terutama karena burung dapat membawa bibit cukup jauh, menyebabkan banyak orang percaya bahwa tanaman frambos tumbuh di halaman mereka benar-benar gulma.

Sebuah panen raspberry terjadi ketika buah bisa ditarik dari wadah dengan mudah, dan telah berubah menjadi warna mendalam. Pada saat ini, buah sudah masak, dan manis. Sekarang adalah waktu untuk mencabut guci pengalengan dan menciptakan beberapa selai raspberry lezat! daun ini raspberry ‘dapat digunakan segar atau kering. Kadang-kadang mereka digunakan dalam teh herbal atau obat-obatan untuk mengatur menstruasi wanita.


Nutrion

Buah rasberi merupakan buah-buahan yang juga termasuk jenis buah bery. Buah rasbery ini berbentu kecil-kecil dan memiliki warna merah menyala. Buah ini juga memiliki nama lian yaitu rubus idaeus dalam bahasa inggris. Buah ini memang merupakan buah yang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Tetapi sangat sering dan mudah ditemui dalam bentuk selai. Buah ini tidak hanya memiliki warna merah menyala saja, tetapi ia pun memilik berbagai jenis warna yaitu emas, hitam unggu dan merah.

Buah rasberi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan bukan hanya kesehatan saja tetapi juga manfaat bagi tubuh. Buah ini dapat digunakan untuk bahan kecantikan karena mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk kecantikan. Dan mengandung zat besi, mangan,kalisum, protein dan lain sebagainya yang membuat buah ini pun baik untuk kesehatan.







Function

1. Memperbaiki pembuluh darah

Pembuluh darah yang kurang baik tentu akan memengharui peredaran darah yang kurang baik pula. Maka pembuluh darah perlu dijaga kestabilan bekerjanya

2. Menjaga berat badan

Berat badang yang terlalu ringan tidaklah bak, dan berat bada yang terlalu berat juga tidak baik maka dari itu selain mengonsums buah rasberry lakukanlah manfaat diet sehat agar dapat membantu kesehatn tubuh

3. Mencegah jerawat

Jerawat yang timbul terus menerus tentu akan menyebalkan. Apalagi jika timbul diacara-acara penting, untuk itu perlu pula buah multivitamin seperti buah rasberry ini untuk menjaga agar jerawat cepat sembuh dan tidak mudah berjerawat. Kandungan manfaat vitamin C pada rasbery akan membantu jerawat sembuh

4. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit seperti manfaat vitamin E untuk kulit sama halnya dengan rasberry. Dengan rasberry kesehatan kulit akan terjaga terutama mengihilalngkan flek hitam yang ada di dalam kulit.

5. Memiliki fungsi sebagai anti inflamasi

Fungsi anti inflamasi yang dimiliki rasberry ini dapat membantu mempermudah menyembuhkan luka atau peadangan seperti halnya jerawat yang meradang pula.


Karakteristik

Raspberry
Buah berry yang selanjutnya adalah raspberry. Buah ini mempunyai ciri-ciri bentuknya bulat kecil dan tidak rata, mempunyai warna yang kemerah-merahan serta mempunyai rongga yang agak besar di tengah buah ini. Buah rasperry juga mempunyai rasa yang manis dan sedikit agak asam akan tetapi rasa asamnya tidak sekuat buah blueberry dan lebih dominan rasanya yang manis..




Kurma
History

Pohon kurma sudah tumbuh sejak zaman dahulu kala bahkan pohon ini sudah tumbuh sebelum manusia diciptakan. Kita mengenal kisah Nabi Adam ketika beliau turun ke bumi. Beliau sudah mendapati bumi ini dihuni oleh barbagai macam tumbuhan yang tentunya salah satunya adalah pohon kurma. Pada sebuah kuburan Mesir kuno ditemukan mumi yang ditutupi oleh tikar yang terbuat dari pelepah kurma. Selain itu ditemukan juga sebuah pohon kurma utuh disebuah kuburan kuno didaerah Shakra dan kuburan itu sudah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi. Bahwa di daerah yang menjadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi di Mesir ditemukan sisa-sisa pohon kurma dari zaman batu.

Sampai sekarang para ilmuan masih berselisih pendapat tentang asal-muasal pohon kurma. Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem asal Italia yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, dalam bukunya Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia mukjizat ilmiah hadits nabi dijelaskan bahwa ada beberapa jenis kurma yang tidak tumbuh dengan baik kecauli di daerah subtropis yang memiliki curah hujan yang sangat jarang dan akar-akar pohon jenis tersebut membutuhkan air yang cukup sehingga ia berjuang melawan kadar air asin.

Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim penjelasan Erdowardo tadi menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma dari daerah teluk Arab karena karakteristik daerah yang disebutkan Erdowardo Bakari hanya terletak di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang beriklim serupa adalah lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil.

Besarnya manfaat pohon kurma sudah terkenal sejak dahulu kala dari berbagai penemuan Artesar di mesir pohon kurma sudah menjadi bagian terpenting bagi masyarakat Mesir kuno. Mereka menggunakan hampir keseluruhan pohon kurma, dari mulai batangnya mereka pergunakan sabagai pondasi rumah. Pelepah kurma digunakan sebagai atap rumah dan juga sebagai bahan tikar, tentunya yang paling penting adalah buahnya sebagai makanan yang bisa mereka simpan sepanjang tahun sebagai penunjang kebutuhan pokok makanan mereka.





Nutrion

Kandungan gizi kurma sangat beragam. Karbohidratnya termasuk tinggi, sebagian besar berasal dari gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang semakin meningkat saat kurma masak. Kurma juga memiliki serat pangan yang jumlahnya bergantung pada varietas dan tingkat kemasakan.

kandungan gizi kurmaBerdasarkan salah satu studi yang diterbitkan International Journal Food Science Nutrition 2003 lalu, terdapat setidaknya 15 mineral dalam kurma. Yang paling menonjol adalah potasium (kalium) dan magnesium. Sedangkan beberapa mineral lain yang terdapat dengan jumlah beragam yakni boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng.

Proteinnya mengandung 23 tipe asam amino seperti asam palmitoleat, oleat, linoleat, dan linolenat. Sebagian protein ini tidak terdapat di buah-buahan lain seperti jeruk, pisang, dan jeruk. Kurma pun dilengkapi dengan berbagai vitamin, mulai dari yang terdapat dalam jumlah kecil seperti vitamin C, hingga yang paling berlimpah yakni vitamin B kompleks. Kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein, serta zea-xanthin.


Function

Meredakan sembelit

Kurma memiliki kemampuan laksatif dan sering digunakan untuk mengobati sembelit atau konstipasi. Hal ini tak lepas dari tingginya serat pangan baik larut maupun tak larut yang dimiliki kurma. Serat pangan baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan sistem pencernaan dari racun. Untuk mendapatkan hasil terbaik, rendam kurma semalaman dan makan pagi harinya.

Mengatasi gangguan usus

Tak hanya serat pangan, kandungan nikotin dalam kurma juga diyakini bermanfaat untuk mengatasi gangguan usus. Konsumsi kurma secara teratur dapat menghambat perkembangan organisme pengganggu dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Kurma juga mengandung lebih dari 20 macam asam amino yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Menambah energi

Kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi secara cepat. Tak heran, kurma sering disajikan sebagai makanan pembuka saat puasa. Asam amino di dalamnya juga membuat kurma mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Berbuka puasa dengan kurma pun membantu sistem pencernaan menyiapkan diri untuk menyerap makanan utama. Tak hanya itu, serat pangan dan karbohidratnya membantu mengenyangkan perut dan mencegah Anda makan berlebihan.



Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kurma dilengkapi dengan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, kalsium, mangan, tembaga, dll yang baik untuk kesehatan tulang. Kurma juga memiliki fluorine yang dapat menguatkan enamel gigi dan mencegah pembentukan plak. Mineral ini pun diketahui dapat memperlambat proses kerusakan gigi. Meski demikian, fluorine tidak dapat mengembalikan gigi yang terlanjur rusak ke kondisi semula begitu saja.



Meningkatkan berat badan

Tingginya kalori dan gula alami dalam kurma membuatnya baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Tak seperti junk food, kurma membantu meningkatkan berat badan secara sehat karena dilengkapi oleh berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan. Sertakan 5 -6 kurma segar dalam pola makan Anda sehari-hari, atau pilih kurma yang telah dikeringkan dan mengandung kalori lebih tinggi.



Karakteristik

WARNA. Warna buah kurma berwarna coklat ketam-hitaman. terkadang jika sudah matang buah ini akan berwarna hitam.Dan jika sudah matang seperti ini buah kurma akan terasa manis seperti madu. Jika buah kurma yang masih mentah buah ini berwarna hijau.

BENTUK. Bentuk buah kurma lonjong memanjang memiliki danging yang dibungkus oleh kulit yangsangat tipis. Jika sudah matang daging buah kurma ini akan terasa empuk tapi terasa masih memiliki serat.



0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates